PROPOSAL
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
PROGRAM
PASCASARJANA
UNIVERSITAS
HASANUDDIN
2011
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Bidang komputer atau sering juga disebut bidang informatika sudah mendunia
pada saat ini. Pendidikan komputer dibutuhkan di mana-mana untuk menanggulangi
kebutuhan sumber daya manusia di bidang tersebut. Daerah Sulawesi Selatan, yang
terus menerus berkembang di segala bidang, baik
manufaktur maupun jasa, membutuhkan sumber daya manusia yang berkualias
di bidang komputer.
Kebutuhan sumber daya manusia dibidang teknologi informatika dan
telekomunikasi atau lazim disingkat ICT ini dilatari oleh keinginan berbagai
organisasi dan instansi baik swasta dan utamanya pemerintah untuk menerapkan
tata kelola berbasis elektronik yang lebih efisien, fleksibel dan berkemampuan
untuk akusisi dan penyebaran informasi yang lebih cepat. Penggunaan sistem
informasi berbasis komputer memberikan kemudahan dalam berbagai layanan
masyarakat, sehingga selayaknya pemerintah, utamanya unsur-unsur pemerintah
daerah di Sulawesi Selatan menerapkan konsep E-Goverment yang berbasis ICT.
Di Propinsi Sulawesi Selatan terdapat 23 pemda kotamadya dan kabupaten yang
sedang mengembangkan dan akan mengimplementasikan konsep E-Government. Dengan
kondisi ini maka kebutuhan tenaga ICT dipastikan akan meningkat. Untuk
kebutuhan tenaga ICT tingkat D3 dan S1 dapat diisi oleh berbagai perguruan
tinggi. Permasalahan akan timbul jika diperlukan tenaga pimpinan dari unit ICT
pemda-pemda ini, dengan mempertimbangkan bahwa sebaiknya tenaga pimpinan ini
adalah lulusan S2. Jika satu pemda memiliki tiga unit ICT saja, misalnya,
kantor bupati, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan, maka untuk Sulawesi
Selatan paling tidak dibutuhkan 69 lulusan S2 berkwalifikasi ICT. Terlebih lagi
jika dihitung untuk wilayah timur Indonesia dan unit ICT lebih dari tiga per
pemda, maka ratusan tenaga ICT lulusan S2 yang dibutuhkan.
Setelah dua puluh lima tahun menggunakan teknologi
komputer, maka Universitas Hasanuddin telah dapat mengadakan pendidikan
dibidang komputer berbasis ICT. Jurusan Teknik Elektro merupakan satu jurusan
yang telah menyelanggarakan pendidikan terkait bidang ICT ini. Pada tingkat S1
jurusan ini menyelenggarakan
dua program studi yaitu program studi teknik elektro dan program studi teknik
informatika. Pada program studi S2 saat ini juga terdapat
program studi Teknik Elektro dengan
peminatan-peminatan bidang ilmu teknik energi lektrik, teknik telekomunikasi dan informasi, teknik komputer, kendali dan elektronika serta peminatan teknik
informatika.
Berdasarkan pemikiran tersebut di atas,
dan didorong oleh kebutuhan masyarakat
khusnya di Kawasan Timur Indonesia serta didukung Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia, maka Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektro membuka program kehususan yang diberi nama
“Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi”
(PSTEK TIK). Pada tahap awal PSTEK TIK
ini akan bekerja sama dengan PEMDA, yang selanjutnya diharapkan akan terus
berkembang untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ICT di Indonesia, khususnya di
Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur.
1.2
Prospek Lulusan
Lulusan
PSTEK TIK diharapkan dapat mengisi kebutuhan akan sumber daya manusia TIK
terutama pada level pimpinan ataupun manajer unit pengelola sistem berbasis
komputer. Penyelenggara pendidikan setingkat S2 dengan bidang ilmu TIK ini
belum tersedia di Indonesia
bagian timur begitupun sumber daya manusia dengan kualifikasi S2 ini masih
sangat minim. Lulusan S2 ini diharapkan dapat menjadi pimpinan unit pengelola
sistem berbasis komputer yang mengatur dan membawahi tenaga-tenaga SDM mulai
dari operator (SMK/D3) hingga sarjana TIK.
Agar
dapat memenuhi peluang sebagai pimpinan instalasi komputer maka lulusan PSTEK
TIK ini diharapkan memiliki wawasan yang komprehensif terhadap teknologi
informasi dan komunikasi. Lulusan PSTEK TIK ini diharuskan memiliki kemampuan
untuk merancang bangun sistem berbasis TIK baik untuk instansi pemerintah
(E-government) maupun instansi lainnya. Lulusan ini juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan manajem
pengoperasian unit instalasi komputer serta melakukan manajemen pemeliharaan. Dengan
memiliki kualifikasi ini maka prospek lulusan TIK akan baik karena peluang
kerja sangat besar
1.3
Kualifikasi yang dibutuhkan
1.3.1 Syarat
Umum
Calon
peserta Program Magister berlatar belakang pendidikan sarjana (S1) yang
diperoleh di Universitas/Institut Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang
ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan yang ditentukan Depdiknas atau
lulusan Perguruan Tinggi luar negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai
setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Depdiknas, di samping itu
calon juga memenuhi persyaratan akademik yang ditentukan Program Pascasarjana
Unhas.
Bagi
peserta asing berlaku ketentuan tambahan bahwa yang bersangkutan menguasai
Bahasa Indonesia dan memperoleh izin dari Depdiknas.
1.3.2
Syarat Khusus
A.
Syarat Akademik
1. Sarjana (S1)
dalam bidang: Elektro, Telekomunikasi, Komputer, Informatika, Matematika,
Informasi Komunikasi, Informasi kesehatan
2. Minimal 20%
mata kuliah wajib yang akan diajarkan pada Program Magister harus identik atau
erat kaitannya dengan mata kuliah yang pernah dilulusi dalam program studi
sebelumnya (S1).
3. Indeks Prestasi
Kumulatif (IPK) selama mengikuti pendidikan kesarjanaan minimal 6,25 pada skala
0-10 atau 2,75 pada skala 0-4.
4. Karya ilmiah,
sertifikat dasar komputer dan sertifikat Bahasa Inggris akan meningkatkan
penilaian.
5. Lulus ujian
seleksi masuk
B. Syarat
Administrasi
1. Salinan ijazah
yang telah disahkan
2. Salinan transkrip akademik serta IPK selama di
Perguruan Tinggi, yang telah disahkan.
3. Surat
Keterangan Kesehatan (termasuk kesehatan Paru-Paru)
4. Daftar riwayat
hidup.
5. Rekomendasi
dari 3 orang : minimal 2 orang Doktor/Magister dari disiplin ilmu yang
sesuai.
6. Surat izin
belajar dari atasan yang berhak.
BAB II KURIKULUM
2.1 Visi, Misi dan Tujuan
Visi
Arah dan tujuan
Program Studi ICT adalah peningkatan kemampuan keluaran sedemikian rupa
hingga memiliki wawasan luas pada teknologi informasi dan komunikasi. Keluaran
mampu memahami konsep teoritis maupun aplikasi sistem berbasis ICT. Lulusan S2
program ICT ini diharapkan mampu mengembangkan berbagai kasus sistem berbasis
ICT utamanya dalam aplikasi E-Government, mulai dari proses analisis,
perancangan, implementasi dan pengujian sistem ICT.
Program Studi
yang akan dikembangkan ini merupakan Konsentrasi dari Program Studi (PS) Teknik
Elektro Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Hasanuddin. Dengan demikian maka visi dari PS Perencanaan Pendidikan harus berakar
pada visi PPS Unhas yang telah dicanangkan sebagai berikut:
Visi Program
Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin
Menjadikan PPs
Unhas sebagai lembaga pendidikan yang berbudaya kualitas dan menjaga
relevansi lulusan beserta hasil penelitiannya secara nasional maupun
internasional.
Berdasarkan
visi PPS Unhas sebagaimana tersebut di atas maka dicanangkan Visi dari PSTEK TIK
adalah sebagai berikut :
Visi PSTEK TIK
Menjadi PSTEK TIK terkemuka yang
menghasilkan lulusan dengan kemampuan untuk mengatasi berbagai permasalahan
melalui solusi pengembangan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi
serta kemampuan menghasilkan penelitian yang relevan dengan dinamika
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat memenuhi
kebutuhan lapangan kerja pada bidang TIK.
Untuk mencapai
visi tersebut, maka dijabarkan misi dan
tujuan yang selanjutnya digunakan sebagai dasar disusun sebuah kurikulum
melalui berbagai studi, seminar, diskusi, perbandingan dengan sekolah-sekolah
serupa dan kajian-kajian dan hal-hal khusus di mana program berada, dijabarkan
dalam bentuk silabus kurikulum.
Misi
Tiga aspek dapat
diturunkan dari Visi PSTEK TIK, yaitu: keunggulan, pengembangan IPTEK dan
pengetahuan yang multi/inter-disiplin. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut di
atas maka misi PS-TIK dirumuskan sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan
proses belajar mengajar pengembangan sistem berbasis TIK.
2. Mengembangkan
riset bidang TIK yang bermanfaat dan tersosialisasi secara nasional maupun internasional.
3. Melakukan
pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan sistem berbasis TIK.
Ketiga misi di atas adalah sesuai dengan
Tri Dharma Pendidikan Tinggi yang terdiri dari Pengajaran, Penelitian dan
Pengabdian Pada Masyarakat. Ketiga
Dharma tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Melaksanakan
Tridarma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas IPTEKS dan Dosen serta
sarjana lainnya, guna menunjang dan mendorong kesejahteraan masyarakat.
2.
Mengembangkan
dan melaksanakan Program Pendidikan sarjana dalam bidang keahlian teknik
informatika untuk menghasilkan sarjana-sarjana S1 yang memenuhi kriteria dengan
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya
Indonesia, bersemangat ilmiah, berpenampilan intelektual, memiliki kemampuan
akademik dan kemampuan profesional, berorientasi dan berwawasan masa depan,
serta sanggup berkinerja baik dan optimal di lingkungan kerjanya.
3.
Mengembangkan
dan menerapkan kurikulum untuk butir 1 di atas yang bersifat dinamis dan
akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat, perkembangan ilmu dan teknologi, dan
antisipasi ke masa depan.
4.
Melaksanakan kajian, penelitian dan pengembangan bidang
teknik informatika.
5.
Melaksanakan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat
melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang
informatika, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang semakin adil dan merata.
Tujuan
Tujuan PSTEK TIK dapat dijabarkan dalam
tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut:
Tujuan Umum PSTEK TIK adalah “Untuk menghasilkan lulusan yang profesional
dalam pengembangan dan implementasi Sistem Informasi berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi”.
Tujuan Umum ini
lebih jauh dapat dijabarkan menjadi tiga tujuan khusus sebagai berikut:
1. Untuk
menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
2. Untuk
menghasilkan lulusan memiliki keahlian dalam merancang bangun sistem informasi
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
3. Untuk
menghasilkan lulusan dengan keahlian dalam
pengelolaan unit instalasi komputer yang berfungsi sebagai pelaksana
sistem informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
2.2
Kualifikasi Kompetensi Luaran yang
Diharapkan
Program ICT ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kualifikasi
sebagai berikut:
a.
Memahami dan menguasai ilmu dan
keterampilan dalam bidang komputer informatik : pemograman, administrasi
sistem-sistem komputer, sistem berbasis komputer dan keamanan sistem komputer.
b.
Mampu menerapkan ilmu dan keterampilan dibidang komputer
informatik untuk menghasilkan karya dalam memecahkan persoalan-persoalan dalam
setiap aspek kehidupan
c.
Mampu
menjadi penganalisis dan perancang dalam hal-hal yang berkaitan dengan sistem
komputerisasi suatu badan pemerintah, industri atau badan usaha lainnya
2.3
Kurikulum
PSTEK
TIK yang merupakan program studi pendidikan magister akademik pada bidang teknologi
informasi dan komunikasi di lingkungan UNHAS mempunyai ciri-ciri khusus sebagai
berikut:
1.
Proses belajar mengajar diorientasikan ke
penelitian, sehingga perkuliahan sebagai pengkayaan ipteks mahasiswa untuk
menghasilkan karya ilmiah yang bermutu.
2.
Pada
prinsipnya kurikulum disusun berdasarkan Kepmen Diknas No. 232/U/2000 dan No.
045/U/2002, visi, misi, sasaran serta tujuan PSTEK-TIK. Selain dari pada itu
dinamika perobahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), kondisi sosial
ekonomi dan budaya (sosekbud) dan
kebijakan pemerintah.
3.
Beban
studi pendidikan magister PSTEK-TIK ditentukan antara 40 s/d 44 sks termasuk
tesis, dengan proporsi mata kuliah dasar dan Mata Kuliah ke Magisteran (MKM) kompetensi
utama 57%, dan mata kuliah dasar Mata
Kuliah ke Magisteran (MKM) kompetensi pendukung
30%, dan mata kuliah pilihan 13%.
4.
Mata
kuliah yang dikelompokkan dalam kategori Mata Kuliah ke-Magisteran (MKM)
kompetensi utama dan pendukung , isinya
terkait dengan pencapaian tujuan Untuk
menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Teknologi
Informasi dan Komunikasi. . Mata
Kuliah Dasar (MKD) memberikan
dasar dan teori mendukung tercapainya kompetensi dan profesionalisme
dalam merancang bangun sistem informasi
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti misalnya: Teori dan
Model Perencanaan. Mata kuliah pilihan sebagai pelengkap agar lulusan memiliki
keahlian dalam pengelolaan unit instalasi komputer yang
berfungsi sebagai pelaksana sistem informasi berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Gambar 1 memperlihatkan skema hubungan visi, misi,
tujuan dan mata kuliah.
Visi PPs:
Menjadikan PPs-Unhas sebagai lembaga pendidikan pascasarjana yang berbudaya
kualitas dan menjaga relevansi lulusan beserta hasil penelitiannya secara
nasional maupun internasional
|
||
Visi PSTEK TIK: Menjadi
PSTEK TIK terkemuka yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan untuk
mengatasi berbagai permasalahan melalui solusi pengembangan sistem berbasis
teknologi informasi dan komunikasi serta kemampuan menghasilkan penelitian
yang relevan dengan dinamika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
|
||
Misi 1.
Menyelenggarakan
proses belajar mengajar pengembangan sistem berbasis TIK.
.
|
Misi 2. Mengembangkan riset bidang TIK yang bermanfaat dan tersosialisasi
secara nasional maupun internasional.
|
Misi 3.
Melakukan
pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan sistem berbasis TIK.
|
Tujuan Umum. Untuk menghasilkan lulusan yang profesional
dalam pengembangan dan implementasi Sistem Informasi berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
||
T. Khusus 1.
Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki
pengetahuan mendalam tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
T. Khusus 2.
Untuk menghasilkan lulusan memiliki
keahlian dalam merancang bangun sistem informasi berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi
|
T. Khusus 3
Untuk menghasilkan
lulusan dengan keahlian dalam
pengelolaan unit instalasi komputer yang berfungsi sebagai pelaksana
sistem informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
|
Konsentrasi
Teknologi informasi dan komunikasi
|
|||||
ELEMEN KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
||||
Utama
(57)
|
Pendukung
(30%)
|
Lain-lain/Pilihan
(13%)
|
|||
Mata Kuliah Dasar
|
Mata Kuliah Kemagisteran
|
Mata kuliah Dasar
|
Mata Kuliah Kemagisteran
|
||
Keilmuan & Keterampilan
(intelektual)
|
·
Matematika Diskrit(510D402)
|
·
Seminar Proposal dan Hasil (692D402)
· Tesis (693D404)
· Komunikasi
Internet (553D442)
· Analisis
Algoritma dan Struktur Data (552D442)
|
·
Statistik Teknik/proses Stokastik (503D402)
|
·
Sistem Informasi Geografis (504D402)
· Keamanan
Komputer (P) (564D442)
|
· Kecerdasan
Buatan (P) (563D442)
|
Profesionalitas
(Keahlian Berkarya)
|
·
Pemrograman Berorientasi Objek (512D402)
· Rekayasa
Perangkat Lunak 1 (551D442)
|
· Rekayasa
Web (611D442)
· Rekayasa
Perangkat Lunak 2 (P) (621D442)
· Pemrograman
Berbasis Jaringan (612D442)
|
|
·
Jaringan Pita Lebar (P) (636D422)
·
Teknologi Komputer
Terdistribusi (P) (623D442)
|
·
Aplikasi Jaringan Telekomunikasi
Kec. Tinggi (P) (576D422)
·
Komputer Grafik (P) (622D442)
|
Adaptabilitas
|
·
Analisis Sistem Informasi (P) (562D442)
|
· Manajemen Basis
Data (P) (624D442)
|
|
· Kebijakan dan
Manajemen Teknik (505D402)
|
|
Jumlah
|
8
|
18
|
2
|
10
|
6
|
Gambar 1. Skema hubungan visi, misi, tujuan dan mata
kuliah.
Dalam
Gambar 1, terlihat keterkaitan visi, misi, tujuan, dan kurikulum PS-Perencanaan
Pendidikan UNHAS. Tujuan umum dan tujuan khusus, diusahkan untuk dicapai dengan
menjabarkannya ke dalam 3 tujuan khusus, yang masing-masing diharapkan dapat
tercapai dengan matakuliah yang masing-masing dirancang sedemikian rupa
berhubungan erat dengan tujuan. Untuk mencapai masing-masing tujuan tersebut
masing-masing dijabarkan dalam bentuk mata kuliah baik yang terkait sangat
erat maupun terkait erat. Dengan nomer kode mata kuliah dan silabusnya secara detail sebagai berikut :
1
|
Matematika Diskrit(510D402) (MKD)
Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar
logika, himpunan dan fungsi. Termasuk dalam pembahasa adalah algoritma,
integer, matriks, mathematical reasoning, countng, relasi, graph trees, dan
model komputasi.
|
2
|
Pemrograman
Berorientasi Objek (512D402) (MKD)
Pada matakuliah ini dibahas konsep
pemrograman berorientasi objek yang banyak digunakan untuk menggantikan
pemrograman yang bersifat terstruktur. Konsep pemrograman diimpelentasikan
menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang telah menduku konsep ini seperti
Java maupun bahasa-bahasa pemrograman visual lainnya.
|
3
|
Rekayasa Perangkat Lunak 1 (551D442) (MKD)
Membahas teori-teori tentang pengembangan perangkat lunak mjlai dari
analisis, desain, pengembangan serta pengujian. Dijelaskan juga model-model
pengembangan perangkat lunak serta proyek pengembangan perangkat lunak baik
yang berskala kecil maupun skala besar yang lebih kompleks.
|
4
|
Analisis Sistem Informasi (P) (562D442) (MKD)
Memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar yang komprehensif tentang
beberapa teori dalam menganalisis sistem informasi. Beberapa model sistem
informasi dijelaskan, serta teknik-teknik analisis menggunakan perangkat
lunak analisis sistem informasi diberikan dalam bentuk tugas.
|
5
|
Statistik Teknik/Proses Stokastik (503D402) (MKM)
Mata kuliah ini membahas mengenai teori-teori
statistika dan proses stokastik serta implementasinya untuk permasalahan
dalam rekayasa keteknikan.
|
6
|
Komunikasi Internet (553D442) (MKM)
Mata kuliah ini membahas protokol dan
arsitektur komunikasi internet. Lapisan-lapisan protokol komunikasi dijelaskan
mulai dari OSI 7 segment hingga lapisan TCP/IP. Secara detail dibahan juga
mulai dari lapisan bawah (fisik) hingga lapisan aplikasi protokol TCP/IP. Perancangan
jaringan TCP/IP menjadi bagian dari mata kuliah ini. Secara praktis juga
dilakukan terhadap komponen-komponen komunikasi internet
|
7
|
Analisis Algoritma dan Struktur Data (552D442) (MKM)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang
teknik-teknik pengembangan algoritma menggunakan berbagai bentuk struktur
data. Dijelaskan mulai dari struktur data yang sederhana dalam bentuk
variabel tunggal, matriks, serta bentuk struktur data yang lebih kompleks
seperti tumpukan (stack), antrian, link
list maupun dinamic linc list. Algoritma pengaksesan struktur data menjadi
bagian dari mata kuliah ini graph, tabel dan sorting.
|
8
|
Rekayasa Web (611D442) (MKM)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang teknik
pengembangan dan penggunaan Web. Aturan-aturan pengembangan antar muka
halaman web diberikan agar peserta dapat membuat halaman web yang menarik.
Pemrograman berbasis skrip HTML juga menjadi bagian dari kuliah ini. Dibahas
juga menyangkut pengembangan sistem informasi web serta teknik-teknik
pengembangan web site.
|
9
|
Rekayasa Perangkat Lunak 2 (P) (621D442) (MKM)
Membahas teori-teori tentang
pengembangan perangkat lunak berbasis object
oriented mulai dari analisis, desain, pengembangan serta pengujian.
Dijelaskan juga model-model pengembangan perangkat lunak serta proyek
pengembangan perangkat lunak baik yang berskala kecil maupun skala besar yang
lebih kompleks. Penggunaan perangkat lunak Unified Modelling Language yang
merupakan pemodelan berbasis objek menjadi bagian dari tugas mata kuliah ini.
|
10
|
Pemrograman
Berbasis Jaringan (612D442) (MKM)
Pengembangan sistem perangkat
lunak yang berbasis jaringan komputer menjadi bagian dari mata kuliah ini.
Teknik-teknik pemrograman seperti socket programming dijelaskan secara
teoritis disertai dengan pengembangan aplikasi dalam bentuk sistem perangkat
lunak menggunakan bahasa pemrograman yang telah mendukung socket programming
ini. Juga dijelaskan cara
membangun sistem perangkat lunak berbasis client-server.
|
11
|
Manajemen Basis Data (P) (624D442) (MKM)
Mata kuliah ini membahas tentang sistem manajemen basis data atau Data
Base Management System (DBMS) yang merupakan suatu sistem perangkat lunak
yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola dan mengendalikan
pengaksesan basis data. Pada mata kuliah ini dijelaskan tentang model
relasional, proses normalisasi data, SQL, entity relationship dan beberapa
model-model basis data lainnya.
|
12
|
Seminar Proposal dan Hasil (692D402) (MKM)
Mata kuliah ini merupakan bagian dari rencana dan hasil penelitian
mahasiswa. Rencana penelitian dituliskan dalam bentuk proposal sesuai kaidah
penelitian mahasiswa, disini mahasiswa menawarkan suatu permasalahan berbasis
TIK untuk diberikan solusi. Hasil penelitian merupakan penjelasan atas
upaya-upaya yang dikerjakan dalam mencapai tujuan penelitian.
|
13
|
Tesis (693D404) (MKM)
Kuliah ini adalah kegiatan
penelitian utama mahasiswa yang dimulai dari pembuatan proposal penelitian
serta dikerjakan dengan mengikuti suatu metode penelitian tertentu. Hasil hasil
penelitian dituliskan dalam bentuk karya tesis dan dipertahankan dalam bentuk
seminar terbuka maupun tertutup
|
14
|
Praktikum (691D402) (MKM)
Praktikum adalah suatu bentuk perkulian praktis
dimana suatu permasalahan dianalisis serta diberikan solusi menggunakan
aplikasi-aplikasi berbasis TIK. Kuliah ini akan memberikan kondisi nyata
pengembangan sistem berbasis TIK.
|
15
|
Kecerdasan
Buatan (P) (563D442) (MKM)
Mata kuliah ini menjelaskan
konsep artificial intelligent (AI) atau kecerdasan buatan. Teori-teori
tentang konsep kecerdasan buatan seperti akusisi pengetahuan, basis
pengetahuan, basis aturan, mekanisme interferensi adalah bagian penjelasan
dari mata kuliah ini. Implementasi kecerdasan buatan untuk mendukung konsep
sistem pendukung keputusan juga termasuk dalammata kulih ini.
|
16
|
Keamanan Komputer (P) (564D442) (MKM)
Pada mata kuliah diperkenalkan beberapa jenis ancaman terhadap keamanan
komputer. Teori-teori tentang penanganan ancaman komputer seperti enkripsi,
teknik firewall dan beberapa teknik lainnya juga dijelaskan pada mata kuliah
ini
|
17
|
Komputer Grafik (P) (622D442) (MKM)
Mata kuliah
ini membahas tentang konsep pembuatan grafik pada komputer. Beberapa teknik
grafik seperti transformasi, translasi baik untuk grafik dua dimensi maupun
tiga dimensi menjadi bagian dari kuliah ini.
|
18
|
Jaringan Pita Lebar (P) (636D422)
(MKM)
Mata kuliah
ini membahas teknologi jaringan pita lebar (broadband technology) yang sangat
mempengaruhi jaringan telekomunikasi baik pribadi maupun publik. Beberapa
teknologi jaringan pita lebar seperti frame-relay, fiber optik dan wireless
menjadi bagian-bagian yang termasuk dijelaskan pada kuliah ini.
|
19
|
Teknologi Komputer Terdistribusi (P) (623D442) (MKM)
Kuliah ini membahas tentang distribusi
proses sebagai peningkatan performansi komputasi menggunakan beberapa
komputer. Dijelaskan pada kuliah ini teori-teori tentang distribusi
pengolahan baik secara perangkat keras maupun perangkat lunak agar pengolahan
menjadi lebih efisien.
|
20
|
Sistem Informasi Geografis (504D402) (MKM)
Pada matakuliah
ini akan dibahas tata cara membangun sistem informasi manajemen berbasis informasi
geografis. Tata cara digitasi peta
serta integrasi dengan pembangunan basis data wilayah diberikan pada mata
kuliah ini. Implementasi SIG menggunakan satu diantara perangkat lunak SIG
dikerjakan dalam bentuk tugas sehingga penguasaan konsep SIG ini menjadi
lebih dalam.
|
21
|
Aplikasi
Jaringan Telekomunikasi Kec. Tinggi (P) (576D422) (MKM)
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah jaringan pita
lebar, yang membahas tentang jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi.
Dijelaskan berbagai contoh bentuk jaringan kecepatan tinggi seperti SONET,
ATM, ADSL maupun komunikasi wireless berkecepatan tinggi seperti 3G maupun
generasi selanjutnya.
|
22
|
Kebijakan dan Manajemen Teknik (505D402) (MKM)
Mata kuliah ini
membahas kriteria investasi, perencanaan jaringan kerja, pengetahuan dasar
akuntansi, perpajakan dan manjemen sumber daya manusia.
|
2.4 Pelaksanaan Pengajaran
Perkuliahan
secara keseluruhan akan berlangsung selama empat (4) semester, tiga smester
untuk perkuliahan dan satu semester untuk penelitian dan penulisan laporan
hasil penelitian. Masing-masing semester akan berlangsung selama 16
minggu, atau sama dengan 4 bulan. Skema
pelaksanaan perkuliahan dapat dilihat pada Gambar 2.
Gambar 2
Semester I
|
sks
|
|
Semester II
|
sks
|
|
|
Semester III
|
sks
|
Semester IV
|
sks
|
Total sks
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
Komunikasi Internet
|
![]() ![]()
|
![]() |
|
Pemr. Berbasis Jar
|
|
|
Seminar
|
2
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
![]() |
|
![]() |
|
|
|||
Matematika Diskrit
|
![]() ![]() |
|
Alg. Dan Struktur data
|
2
|
![]() ![]() ![]() |
|
Keamanan Kmptr
|
![]() ![]() |
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Pemrogr. Berorientasi
Objek
|
![]() ![]() |
|
Rekayasa Per. Lunak 2
|
2
|
![]() ![]() |
|
Tekn. Komptr. Terdistri.
|
2
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tesis
|
4
|
|
|||
Rekayasa Per. Lunak 1
|
![]() ![]() ![]() |
|
Manajemen Basis Data
|
2
|
![]() ![]() |
|
Kecerdasan Buatan
|
2
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Analisis Sist. Informasi
|
![]() |
|
Jaringan Pita Lebar
|
2
|
![]() |
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Statistik Teknik
|
2
|
|
Komputer Grafik
|
2
|
|
|
S.I.G
|
2
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Rekayasa Web
|
2
|
|
Kebijakan dan Man. Teknik
|
2
|
|
|
Apl. Jar. Telkm. Berkec. Tg
|
2
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah sks
|
12
|
|
|
14
|
|
|
|
14
|
|
|
6
|
46
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Diagram
Struktur Mata Kuliah Magister Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Catatan:
|
|
MK khusus TIK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
![]() |
MK pendukung MK di semester berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
![]() |
MK pendukung MK di semester yang sama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
MK akademik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
MK profesional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengingat mahasiswa dari PSTEK TIK untuk
tahap awal ini diharapkan dari staf Dinas Pendidikan & Bappeda provinsi dan
kabupaten/kota di Sulawesi selatan, maka
perkuliahan akan dilakukan pada akhir minggu, mulai hari Jumat s/d hari Minggu. Dengan demikian maka mahasiswa dapat langsung
mempraktekkan materi perkuliahan yang diperoleh di kelas dan membandingkan
teori dengan kenyataan di lapang secara langsung. Metoda ini dinilai lebih efektif bila target
mahasiswanya berasal dari aparat pemerintah yang berkepentingan dengan
pengambilan keputusan.
Selain perkuliahan tatap muka, seminar dan
lokakarya, dilakukan pula perkuliahan jarak jauh dengan pemanfaatan
Teleconference dan Internet.
Teleconference akan dilakukan minimal untuk seminar hasil studio, dan
akan dilaksanakan dengan beberapa universitas terkemuka di pulau Jawa.
Sebagai kelengkapan dari perkuliahan pada
semester III akan dilakukan pula Studi Banding sebagai ajang Benchmarking
dengan program studi yang serupa di negara-negara Asean, Utamanya di Malaysia
dan Thailand. Studi banding akan
berlangsung selama satu minggu. Pasca Sarjana Unhas telah memiliki beberapa
pengalaman dalam hal ini, dan telah memiliki kontak kerjasama dengan
universitas-universitas di Malaysia dan Thailand.
Untuk meningkatkan kualitas tenaga
pengajar, maka dipandang perlu untuk mengadakan program sertifikasi pada bidang
ICT. Beberapa international certification yang dianggap relevan adalah CISCO
Certification dan Database management system certification. Beberapa staf
pengajar akan dikirim untuk mengikuti program ini.
BAB
III SUMBERDAYA
3.1
Staf Pengajar
Staf
pengajar yang mengasuh PSTEK TIK terdiri dari staf pengajar yang mengasuh mata
kuliah dan staf pengajar yang membimbing penyelesaian studi mahasiswa. Staf pengajar ini berasal dari berbagai
program studi di Universitas Hasanuddin.
Nama-nama
staf pengajar adalah sebagai berikut:
1.
2.
3.
4.
|
Prof.Dr.Ir.H. Muhammad Arief, Dipl.Ing.
Prof.Dr.Ir.H. Muhammad Tola, M.Eng.
Prof.Dr.Ir.H. Muhammad Sukri Himran, M.Sc.
Prof.Dr.Ir.H. Nadjamuddin Harun, M.S.
|
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
Prof.DR. Muh. Ivan Azis
Dr.Ir.H. Rhiza S. Sadjad, MSEE.
Dr.Ir.Salama Manjang, MT.
Dr.Ir. Zulfajri Basri Hasanuddin, M.Eng.
Dr. Suarga, M.Match, M.Sc.
DR. H. Halmar Halide
Dr.Ir. Zahir Zainuddin, M.Sc.
|
Selain keterlibatan staf pengajar internal
sebagaimana dijelaskan di atas, program studi ini melakukan kerjasama dengan
berbagai perguruan tinggi lain, baik nasional, maupun internasional. Salah satu strategi pengajarannya adalah
dengan memanfaatkan teknologi E-Learning (Teleconference) dan akan bekerja sama
dengan Universitas Gajah Mada, Universitas Dipenegoro, Institut Teknologi
Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, serta universitas
lain di Asean.
3.2
Sarana dan Prasarana
Gedung Perkuliahan
Program
Pascasarjana Universitas Hasanuddin menempati dua gedung induk yang
penggunaannya diresmikan pada tanggal 11 September 1996 oleh Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan RI . Prof.Dr. Wardiman Djojonegoro. Gedung
ini berlantai tiga, di mana lantai 1 dan
3 digunakan untuk perkuliahan, sedangkan untuk lantai 2 digunakan untuk
perkantoran. Memasuki Tahun 2005 PPs Unhas mendapat tambahan 1 gedung baru berlantai tiga. Untuk gedung baru di
mana lantai tiga diperuntukkan untuk ruang perkuliahan, lantai dua untuk ruang
rapat dan ruang tunggu dosen serta lantai satu diperuntukkan untuk ruang shalat
dan kantin.
Karena PPS Unhas menganut
sistem pengelolaan akademik secara matriks, maka beberapa perkuliahan yang
sifanya mono-disiplin juga dilakukan di jurusan/fakultas yang membina mata
kuliah tersebut. Hal ini dimaksudkan selain untuk efisiensi, juga dalam rangka
perwujudan suasana kampus yang lebih terintegratif antar semua fakultas dalam
kampus Universitas Hasanuddin.
Perpustakaan
Gedung Perpustakaan Pusat
Universitas (University Central Library)
terletak ditengah-tengah kampus dengan menempati gedung berlantai 4.
Perpustakaan ini memiliki sekitar 600.000 koleksi dalam bentuk buku, jurnal
maupun dalam bentuk tesis dan skripsi. Dilengkapi media audiviosual dalam
bentuk microfilm dan juga dalam bentuk CD-ROM. Disamping itu PPs Unhas memiliki
Gedung Perpustakaan tersendiri dengan koleksi 2157 Judul buku, 186 judul Disertasi, 6357 judul Tesis, dan
107 judul majalah, juga dilengkapi dengan Akses Internet LAN & Wireless
sebanyak 50 buah komputer PC.
Laboratorium
Fasilitas laboratorium
disediakan pada hampir semua fakultas dan juga unit-unit pelaksana teknis yang
ada dalam kampus Universitas Hasanuddin.
Upaya untuk melengkapi
sarana laboratorium merupakan obsesi Universitas Hasanuddin untuk menjadikan
lembaga pendidikan ini bukan saja
sebagai Teaching University, tetapi
lebih jauh akan men-jadi Research
University yang mampu menghasilkan hasil-hasil penelitian unggulan.
Untuk mencapai hal
tersebut, sekarang ini telah berdiri gedung berlantai empat yang dipersiapkan
menjadi Pusat Kegiatan Penelitian dalam bidang Bioteknologi, Tata Ruang dan
Rancang Bangun, Pangan dan Gizi, Energi dan Isotop, Ilmu Kelautan, Penelitian
Sosial dan Humaniora, serta bidang Informasi Pemasyarakatan IPTEKS.
Laboratorium Komputer
Selain laboratorium
komputer yang terdapat PPs Unhas sebanyak 25 Unit dengan sistem jaringan LAN,
Unit Pelaksana Teknik Komputer Universitas Hasanuddin juga menyediakan laboratorium
komputer yang tersedia di lantai II gedung Perpustakaan Pusat.
Untuk membantu para
mahasiswa dalam melancarkan studi mereka, koperasi mahasiswa Universitas
Hasanuddin juga telah menyediakan fasilitas rental komputer dalam kampus.
Sistem Informasi Website &
Fasilitas Internet
Untuk
mendapatkan informasi tentang Program Pascasarjana Unhas, dapat diakses melalui
website http://www.pascaunhas.net email: info@pascaunhas.net. Selain itu
untuk membantu mahasiswa dalam mengakses informasi, Pascasarjana Unhas
menyediakan fasilitas internet yang gratis bagi mahasiswa PPs.
LCD/OHP
Untuk
kelancaran proses belajar mengajar (perkuliahan, seminar, dan ujian), PPs
menyediakan 30 buah LCD Projector dan 30 buah OHP.
Pusat Bahasa
Untuk meningkatkan
kemampuan mahasiswa untuk berbahasa asing, terutama bagi dosen-dosen yang
dipersiapkan untuk belajar ke luar negeri, Unhas memiliki lembaga bahasa yang
dilengkapi dengan fasilitas laboratorium bahasa dan juga alat-alat audio visual
lainnya.
Bimbingan dan Konseling
Bagi mahasiswa yang
memiliki persoalan, misalnya kesulitan untuk belajar maka jasa konseling
disediakan oleh Universitas. Lembaga ini juga mengadakan psikotest baik untuk
calon mahasiswa baru, maupun untuk kepentingan pengangkatan karyawan pada suatu
instansi.
Asrama Mahasiswa
Universitas Hasanuddin
menyediakan asrama untuk mahasiswa (putra dan putri). Asrama ini terletak di
sebelah utara kampus dan memiliki daya tampung sekitar 1500 orang. Selain
asrama, pihak Universitas juga mengusahakan penginapan (Guest House) dalam kampus yang bisa dibayar secara harian maupun
bulanan.
Kantin
Bagi mereka yang memperoleh
kuliah sampai sore hari tidak perlu kembali ke rumah untuk makan siang, karena
di beberapa tempat dalam kampus disediakan kantin. PPs Unhas memiliki 2 buah
kantin (1 kantin yang berada di samping gedung perpustakaan dan 1 kantin yang
berada di gedung baru lantai satu).
Transportasi dan Telekomunikasi
Kampus Unhas berada 10 km
di luar pusat kota
ke arah bandara udara Hasanuddin. Tetapi untuk mencapai kampus ini tidak begitu
sulit, karena transportasi angkutan kota
masuk dalam kampus (khusus untuk Angkot Kampus) lancar dan lewat di depan gedung
Pascasarjana. Begitupula untuk hubungan telekomunikasi dapat dilakukan melalui
telepon koin dan kartu, atau melalui
warung telekomunikasi (Wartel) baik untuk kepentingan lokal maupun untuk
sambungan jarak jauh (regional dan internasional).
Bank dan Kantor Pos
Untuk kepentingan
pengiriman surat , wesel atau paket dapat dilakukan melalui
Kantor Pos pembantu yang ada dalam kampus Unhas.
Rumah Sakit
Universitas Hasnauddin
selain menyediakan fasilitas balai pengobatan, juga dalam kampus terdapat rumah
sakit pendidikan Dr. Wahidin yang memiliki fasilitas yang cukup modern. Rumah
sakit pendidikan ini terbuka untuk umum dan juga untuk mahasiswa Universitas
Hasanuddin.
Fasilitas Olahraga
Kampus Universitas
Hasanuddin dilengkapi dengan sejumlah fasilitas olahraga, antara lain lapangan
sepak bola, lapangan volly, tennis, kolam renang, hokey, menembak, selam,
panjat tebing, tenis meja dan lain-lain.
Auditorium
Untuk keperluan kesenian
atau acara lainnya yang bersifat terbuka (kuliah umum atau wisuda) Universitas
Hasanuddin memiliki fasilitas gedung auditorium yang berkapasitas 2500 tempat
duduk. Gedung ini dilengkapi dengan sound system dan alat pendingin AC.
BAB IV PENDANAAN
Dana yang
dibutuhkan untuk kegiatan oprasional utamanya berasal dari SPP Mahasiswa. Namun demikian pada dasarnya dibutuhkan
dana-dana tambahan, baik untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa
bersangkutan, maupun untuk menunjang pengajaran. Rincian
biaya operasional dapat dilihat sebagai berikut:
Rincian Biaya
|
Satuan (Rp.)
|
Volume
|
Jumlah (Rp.)
|
||||
A. Biaya
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Biaya SPP
|
6,000,000
|
70
|
org
|
x
|
4
|
semester
|
1,680,000,000
|
2. Biaya Registrasi Semester
|
200,000
|
70
|
org
|
x
|
4
|
semester
|
56,000,000
|
3. Biaya Pendaftaran Test Seleksi
|
500,000
|
70
|
org
|
x
|
1
|
kl
|
35,000,000
|
4. Biaya Matrikulasi
|
750,000
|
70
|
org
|
x
|
1
|
kl
|
52,500,000
|
5. Biaya Pengembangan
|
3,550,000
|
70
|
org
|
x
|
4
|
semester
|
994,000,000
|
6. Banchmarking
|
10,000,000
|
75
|
org
|
x
|
1
|
kl
|
750,000,000
|
7. Biaya Wisuda
|
350,000
|
70
|
org
|
x
|
1
|
kl
|
24,500,000
|
8. Biaya Transport peserta
|
275,000
|
70
|
org
|
x
|
2
|
kl
|
38,500,000
|
9. International
Certification(dosen)
|
20,000,000
|
6
|
org
|
x
|
1
|
kl
|
120,000,000
|
|
|
Jumlah
(A)
|
|
3,750,500,000
|
|||
B. Biaya
Hidup
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Biaya hidup
|
775,000
|
70
|
org
|
x
|
24
|
bulan
|
1,302,000,000
|
2. Biaya buku/fotocopy
|
200,000
|
70
|
org
|
x
|
24
|
bulan
|
336,000,000
|
3. Biaya Penelitian dan Tesis
|
275,000
|
70
|
org
|
x
|
24
|
bulan
|
462,000,000
|
|
|
Jumlah
(B)
|
|
2,100,000,000
|
|||
|
|
Total A+B
|
|
|
5,850,500,000
|
*) Standar BPPS Dikti 2007
Bagus nih buat bikin proposal buat kuliah
ReplyDeleteIzin copas
ReplyDeleteTeruskan
DeleteBagus proposalnya👍👍
ReplyDelete